RSS

Geliat Bisnis Menjelang Lebaran – Sebuah Ritual (2)

09 Sep

Melanjutkan posting saya terdahulu tentang bisnis bisnis yang meningkat omsetnya menjelang Lebaran.

Yang paling menjengkelkan adalah (lho kok menjengkelkan) overload -nya paket paket di jasa kurir/ekspedisi. Mereka sangat kewalahan. Paket yang hari biasa hanya perlu 2 hari sampai, ini bisa 4-5 hari. Pengalaman saya bertransaksi online dengan toko online lain yang mensyaratkan pengiriman paket pakai JNE, dua kali juga paket sangat telat sekali datangnya, cuma dari Jakarta dengan tujuan Malang. Perjalanan udara Jakarta – Malang lancar, tapi sesampai di Malang gak segera dikirim ke alamat….huf butuh waktu 4 hari menunggunya….imposible.

Jadi bidang bisnis yang terbuka lebaaar sekali menjelang Lebaran adalah bisnis jasa kurir/ekspedisi ini. Ayoo dong yang berminat bisnis jasa, silakan bangun bisnis ini, pasti banyak owner bisnis online yang menunggu.

Bisnis wisata hmm panen juga, liburan apalagi libur Lebaran identik juga dengan berwisata. Para pemudik setelah usai silaturahmi ke kerabat, pasti kangen juga berpelesir ke tempat tempat wisata daerahnya.

Bisnis operator telekomunikasi sedang booming juga. Pemudik pemudik pastinya butuh alat komunikasi, dari yang belum punya menjadi harus punya, dari yang sudah punya makin bertambah frekuensi sambungan komunikasinya. Dan lihat saja iklan iklan operator seluler, mereka berlomba lomba menarik perhatian konsumennya.

Cuci mobil juga dapat berkah Lebaran juga. Pemudik berkantong tebal pastilah males nyuci mobil sendiri, sedangkan silaturahmi tentu tidak bisa dengan mobil yang buluk.

Terlalu banyak lagi untuk disebutkan satu persatu. Lebaran akan terus berulang setahun sekali. Dan sepertinya para pelaku Lebaran dari tahun ke tahun akan bertambah konsumtif. Apakah makna Lebaran semakin menuju pendangkalan, itu adalah soal lain. Karena semua orang gembira dengan datangnya Lebaran.

 
Leave a comment

Posted by on 09/09/2010 in bisnis

 

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: