RSS

Launch a (New) Product/Brand

19 Oct

Twitter bikin saya kecanduan. Saya follow beberapa account (individu/perusahaan/badan) yg bermuatan pendidikan ttg bisnis, filsafat, spiritual, agama, kesehatan dll. Salah satunya adalah IMA (Indonesia Marketing Association). Mereka sering menulis kultwit=kuliah twitter (tweet di twitter scr berkesinambungan ttg sesuatu yg layak diketahui/dipelajari), yah memang kulitnya saja sih, pendek kurang dalam, tp lebih bagus drpd kita ber-soc-med tanpa manfaat sama sekali.

Salah satu kultwit dr IMA (@IMAindonesia) yg menarik perhatian saya pagi ini adalah ttg LAUNCH A BRAND. Sangat menginspirasi sekali buat yg akan terjun di dunia ritel (online maupun offline).

Kultwit mereka dlm konteks membahas perubahan beberapa gerai McD menjadi Tony Jack. Tweet mereka antara lain:

1. Seharusnya Tony Jack mengikuti tahap sakral dengan baik. PRE LAUNCH –> LAUNCH –> POST LAUNCH

2. Ketika proses berganti kulit, harus ada tenggang waktu tenang. Disaat itu promosi close Brand mungkin cocok. Hingga orang menerka ada apa ini.

3. Selama itu pastikan kualitas produk anda berada selevel atau diatas tentunya. Karena untuk makanan, rasa tetap no 1. RnD (Research & DevelopmenT) dalam2.

4. Persiapkan material yg akan dikenakan Brand. Semua perangkat yg terlihat itu ada di moment of truth. Memberikan brand image. Buat dengan niat!

5. Tegas pilih, melanjutkan konsep murni, atau menjadi berbeda dan menyerang brand lama. Jangan setengah-setengah.

6. Adakan pengenalan kembali nilai-nilai perusahaan yang berubah, agar karyawan bergerak lewat satu nilai. Dan memberikan kesatuan yang tepat.

7. Jangan pernah membuka toko ketika product, package, people blm siap, promotion belum niat. Di retail, apabila buka berarti sdh siap tempur.

8. Ketika LAUNCH, bukan kemegahan. Tapi antarkan nilai perusahaan sedetil2 nya. Buatlah keterikatan dengan konsumen. Ikat konsumen lama.

9. Ketika launch dan sdh berjalan, lakukan apa yang anda janjikan di promosi. Jangan kecewakan konsumen di masa awal dia mencoba percaya.

10.Beberapa waktu lewat, cek google, socmed, koran, berita. Temukan suara konsumen anda lewat media online atau offline. Catat berita buruknya.

11. Launch BRAND baru yang hasil dari perubahan BRAND lama tidak sederhana. Anda perlu strategi. Dan konsistensi.

No. 7 saya beri highlight sebagai penekanan dan pengingat. Teringat kata2 Pak Rosihan (Saqina Group) ‘Orang Ritel tdk pernah tidur’.

Semoga bermanfaat.

Salam

 
1 Comment

Posted by on 19/10/2010 in bisnis, produk, ritel

 

Tags: , , , , , ,

One response to “Launch a (New) Product/Brand

  1. batikmodernindonesia

    20/05/2011 at 23:25

    Luar biasa artikelnya. ciamik tulisannya🙂
    sangat bermanfaat.
    sukses selalu ya bu.

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: