Membangun ‘A Great Team’ – Penerapan KPI dlm UKM

Tulisan ini saya cuplik dari blog Pak Rawi Wahyudiono (member TDA di Jakarta). Ini review dari TDA Forum, yaitu pertemuan semi rutin yang menghadirkan narasumber Pak Yodhia Antariksa, seorang pakar HRD Manajemen.

Cukup banyak ilmu yang disampaikan dan cukup banyak juga solusinya dari beberapa permasalahan yang sering menimpa UKM dalam hal membangun tim bisnis kita.

 

Ada beberapa hal yang bisa diringkas selama acara yaitu:

1. Kepuasan karyawan adalah hal yang utama sebelum kepuasan pelanggan.

2. Meng-interview karyawan harus selalu mengedepankan pikiran positif dengan berpedoman kepada apa yang telah mereka kerjakan di masa lampau, jangan menanyakan pertanyaan yang belum pernah dia kerjakan.

3. Ciptakan tradisi positif di perusahaan seperti yel-yel, training reguler, musik pada saat-saat tertentu, dll.

4. Pemberian reward secara reguler berkali-kali dalam 1 tahun lebih baik daripada pemberian reward 1 tahun sekali walaupun dalam jumlah besar.

5. Strategi pemberian gaji bisa seperti ini:
a. Fix salary
b. Variable salary (tunjangan, komisi, dll)
c. Bonus

Komunikasikan seperti apa perusahaan kita, dengan mendefinisikan visi, misi, seperti contoh untuk perusahaan Dealer Motor Honda.

Visi:
Menjadi dealer sepeda motor Honda terbaik se-Indonesia.

Misi:
– Menyediakan layanan distribusi dg mengutamakan kepuasan pelanggan.
– Menyelenggarakan kegiatan usaha dlm iklim kerja yg fun dan produktif demi pertumbuhan hidup perusahaan.

Penilaian Karyawan adalah sesuatu yang membingungkan bagi saya, ada beberapa aspek yang sulit diukur, seperti perilaku, sifat, dan aspek psikologis lain, kalaupun ada parameternya subjektif.

Tapi untuk membangun ‘a great team’, harus dilakukan penilaian secara berkala. Untunglah Pak Rawi berbaik hati menuliskan di blognya, sehingga saya bisa mengintip.

Berikut point2 tentang penilaian karyawan yang dijelaskan oleh Pak Yodhia.

Beberapa Aspek Dalam Penilaian Karyawan:
A. Aspek Perilaku:
1. Inisiatif & kreatifitas
2. Komunikasi & kerjasama
3. Kualitas Hasil pekerjaan
4. Kedisiplinan

Nilai :
1= poor performance
2= need improvement
3= standard
4= good
5= very good
Ada umpan balik pengembangan

B. Aspek Hasil Kerja (Key Performance Indicators)
1. Penjualan (dalam rupiah, misal=2M)
2. Skor Kepuasan Pelanggan (dari skala 1-5)
3. Jumlah produk yg dihasilkan/bulan (misal 100 box)
4. Jumlah pelanggan baru (misal 10/bulan)
Buat kolom perbandingan antara target, realisasi, dan % pencapaian

Personality Test & Profile:
DiSC profile merupakan alat tes yg mengukur dan membagi kepribadian dalam 4 dimensi utama yaitu:
1. Dominance : memiliki kecenderungan kuat untuk menggerakkan dan mempengaruhi orang lain
2. Influence : memiliki tendensi untuk terbuka dan berinteraksi dg banyak orang, suka bergaul dan bersosialisasi/ngobrol
3. Steadines: memiliki tendensi utk bersikap konsisten, stabil dan mengacu pada prosedur yg telah baku
4. Compliance : memiliki tendensi utk memberikan perhatian pada detil dan akurasi

Dimensi Kunci dlm People Management:
1. Recruitment & Selection
2. Training & Development
3. Performance Management
4. Reward Management
5. Career Management

Teringat juga ‘quotes’ dari Brad Sugars : ‘If you want to build a great team, start with a great culture‘….cukup mengena. Kapan mulai membangun ‘corporate culture’??…ya sekarang mumpung bisnis kita belum besar..he he.  Menurut saya ‘corporate culture’ bisa dimulai sejak proses rekrutmen dan pelatihan.

Selamat menerapkan.

6 thoughts on “Membangun ‘A Great Team’ – Penerapan KPI dlm UKM

  1. waaah..ini yg saya cari
    dari dulu saya bngung bgmn mengukur kinerja karyawan saya supaya usaha ini tidak hanya jalan di tempat…
    terima kasih ya bu Dyah! Salam hangat dari Klaten

Leave a comment