RSS

Bisnis Oleh Oleh Khas Daerah Punya Potensi Besar

15 Nov

Bisnis oleh oleh terkait erat dengan ‘travelling’. Saat ini orang suka travelling untuk mengisi liburan. Travelling menjadi tren, terutama bagi kelas menengah.

Tengok saja, kota Bandung, betapa macet pas liburan, terutama libur panjang. Orang orang Jakarta yang sehari hari sudah sumpek dengan suasana kota Jakarta, pasti larinya ke mana lagi kalau bukan Bandung. Bandung menjadin pilihan tujuan wisata terdekat, padahal di Bandung juga mereka akan menjumpai kemacetan lagi.

Tapi setidaknya, suasana baru didapatkan Bandung. Dan yang lebih menggiurkan adalah banyaknya objek wisata di Bandung, entah itu wisata kuliner, wisata belanja, atau wisata alam.

Bisnis oleh oleh berkembang dari peluang ini, banyak pelancong tentu tak afdol kalau berwisata tanpa membawa oleh oleh sepulang mereka ke kota asal.

Kota Malang, tempat penulis tinggal, juga merupakan tujuan wisata yang layak dikunjungi. Dengan iklim yang relatif masih sejuk, dan banyaknya objek wisata alam, sangatlah menjadi prioritas bagi pelancong untuk daerah Jawa Timur. Terlebih dengan semakin berbenahnya Kota wisata Batu (masuk Malang Raya) yang lebih sejuk dari kota Malang sendiri, akan semakin menarik buat para pelancong.

Bisnis oleh oleh di Malang didominasi oleh keripik, yang paling terkenal adalah keripik tempe. Sentra industri keripik tempe di daerah Sanan, sangat terkenal, pernah jadi kunjungan Presiden Sby waktu kampanye.

Di sana banyak bermukim perajin tempe skala UKM, tempe Malang dibuat dari kedelai impor, tanpa tambahan bahan lain selain ragi. Jadi bisa diklaim bahwa rasanya gurih kedelai. Sangat beda dibanding tempe dari daerah lain, yang kadang ditambah serpihan jagung.

Untuk meningkatkan nilai jual tempe, banyak perajin tempe membuatnya menjadi keripik. Keripik tempe terkenal sebagai oleh oleh khas kota Malang. Tempe dipotong kotak atau bulat tipis tipis, dicelup larutan tepung berbumbu, dan digoreng. Hmm rasanya gurih dan renyah.

Dulu keripik tempe hanya mengenal satu rasa orisinal, tapi sekarang banyak dibuat variasi rasa. Ada rasa balado, barbeque, lada hitam, rumput laut, keju dll. Tapi rasa orisinal tetap banyak yang menyukai, rasa asli tempenya sangat terasa.

Yang penasaran dengan bagaimana sih rasanya keripik tempe asli Malang, silakan cek di toko kami Aremafood.Com

Semoga menambah khasanah liburan Anda.

 
3 Comments

Posted by on 15/11/2010 in bisnis, produk, ritel

 

Tags: , , , , , ,

3 responses to “Bisnis Oleh Oleh Khas Daerah Punya Potensi Besar

  1. The Jampang

    20/11/2010 at 17:23

    Kalau dari Jakarta bisa bawa oleh-oleh yang namanya The Jampang, kaos jakarta loh…. bisa dilihat di http://www.thejampang.com , ayo pakai dan cintai ploduk-ploduk Indonesia…đŸ˜€

     
  2. Evi Indrawanto

    21/11/2010 at 06:53

    Waktu jalan ke Bromo, aku pernah mampir ke Malang. Nginep di hotel Angrek (kalau gak salah) dan jalan ke Batu metik apel. Emang cantik..Tapi baru ngeh kalau keripik tempe enak itu ternyata emang ciri khas kuliner Malang hehehe…

     
  3. Mantau Sapi Lada Hitam

    02/12/2011 at 06:54

    Pulang dari bepegian emang kurang afdol jilka nggak bawa oleh-oleh. Bahkan belum berangakat saja, kerabat, tetangga dan teman kantor dah pesan “Jangan lupa oleh-olehnya”. Nah klo kalau ke Balikpapan jangan lupa oleh-special dari kota minyak ini. Namannya MANTAU SAPI LADA HITAM,
    http://www.balikpapan-info.blogspot.com
    Oleh-oleh khas Balikpapan

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: